II 3 Koneksi Internet

gambar 1
koneksi internet

Sejarah Kecepatan Koneksi Internet Dari Dahulu Hingga Sekarang

Internet di Indonesia bukanlah barang baru lagi dan saat ini sudah merupakan kebutuhan pokok. Indonesia sendiri sudah mencicipi internet secara komersil pada tahun 1994 yang ditawarkan oleh IndoNet. Pada awalnya, koneksi internet di Indonesia menggunakan jenis dial up. Berikut beberapa macam koneksi internet yang ada di Indonesia, dari dulu hingga sekarang yang paling baru.
  1. Dial – Up Koneksi internet dial-up ini menggunakan kabel telepon dengan jalur PSTN (Public Switched Telephone Network). Kecepatan akses internet menggunakan Dial-Up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 Kbps. 
  2. ADSL (Asymetric Digital Subcriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi 34 kHz – 1.104 kHz. Keunggulan koneksi internet ADSL yaitu memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara atau fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem). 
  3. GPRS (General Packet Radio Service)memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile). Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) internet. Koneksi internet melalui GPRS menjanjikan kecepatan mulai 56 kbps hingga 115 kbps. 
  4. 3G 3G adalah third generation technology yang mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang mampu memberikan koneksi internet dengan kecepatan hingga 144 kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile) dan sebesar 384 kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian). Sedangkan untuk posoisi static dapat mencapai hingga 2 Mbps. Koneksi internet ini mulai banyak digunakan di ponsel maupun smartphone masa kini. 
  5. HSPA (High Speed Packet Access) merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama Release 99 (R99) sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi internet R99. Terkait dengan jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (Ev-Do) yang merupakan perkembangan dari CDMA 2000. HSPA menyediakan kecepatan transmisi data yang berbeda dalam arus data turun (downlink) HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dan dalam arus naik (uplink) HSUPA (High Speed Uplink Packet Access. Saat ini kecepatan akses internet dengan teknologi HSPA ini sudah mencapai 7.2 Mbps. 
  6. Wireless LAN Teknologi Wireless LAN bekerja dengan menggunakan gelombang radio . Awalnya teknologi ini didesain untuk aplikasi perkantoran dalam ruangan. Namun , sekarang Wireless LAN dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point di luar ruangan maupun point to multipoint pada aplikasi bridge. Wireless LAN dirancang sangat modular dan fleksibel. Jaringan ini juga bisa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda, dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel. Koneksi internet dengan Wireless LAN saat ini sudah mecapai mencapai 54Mbps dengan menggunakan standar teknologi 802.11g yang bekerja dengan frekuensi 2,4 Ghz. 
  7. 4G LTE 4G (fourth-generation technology) LTE merupakan teknologi terbaru untuk koneksi internet mobile. Kecepatan koneksi internet dengan teknologi bisa mencapai hingga 72 Mbps. Saat ini XL mencoba mengembangkan koneksi internet super cepat tersebut yang rencananya bakal siap rilis tahun 2014 mendatang. Tunggu kehadiran teknologi internet mobile termutakhir ini hanya di jaringan XL!

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "II 3 Koneksi Internet"

  1. Adinda Rovviana Dewi 01 XI MIA Siap Ulangan

    ReplyDelete
  2. Shenic Deniswara 25 Xl IIS 1 Siap Ulangan

    ReplyDelete
  3. Wulan suci lestari 34 XI MIA siap ulangan

    ReplyDelete
  4. Siti Robi'atul Adawiyah Xl MIA Siap Ulangan

    ReplyDelete
  5. Eva Novitasari 08 XI IIS 1 siap ulangan

    ReplyDelete
  6. Muhammad Ponirin 22 XI MIA Siap Ulangan

    ReplyDelete
  7. Arzin novita sari 03 XI IIS 1 siap Ulangan

    ReplyDelete
  8. Dinna Nur Baiti 05 Xl IIS 2 Siap Ulangan

    ReplyDelete
  9. Ananda Ulil Absor 03 Xl llS 2

    ReplyDelete
  10. Risa Okta Diyanti 18 Xl IIS 2 Siap Ulangan

    ReplyDelete
  11. Siti latifatun ni'mah 29 XI MIA.. Siap ulangan

    ReplyDelete
  12. Syaiful Firman Aditya 32 XI MIA siap ulangan

    ReplyDelete
  13. Siti Robi'atul Adawiyah 31 Xl MIA siap ulangan

    ReplyDelete
  14. Jason Rahmat Novtriyanto 14 Xl Mia Siap Ulangan

    ReplyDelete
  15. Kaswaty putry 15 XI Mia siap Ulangan

    ReplyDelete
  16. Kaswaty putry 15 XI Mia siap Ulangan

    ReplyDelete
  17. Nila Shofi'atun Hidayah 16 XI IIS 2 siap ulangan

    ReplyDelete
  18. Azizah khoirurrohmah 09 XI MIA Siap Ulangan

    ReplyDelete
  19. Nida'an Khofiya (24) XI MIA Siap Ulangan

    ReplyDelete
  20. anggraini diah ayu fatmawati 02 XI IIS1 siap ulangan

    ReplyDelete
  21. Ayu Rorosati (07)XI MIA siap ulangan

    ReplyDelete
  22. Habibah Luthfiyah 07 Xl iis 2 siap ulangan

    ReplyDelete
  23. Lelatul Batriyah Fitriyanti (12) Xl iis 1 sial ulangan

    ReplyDelete
  24. Gita Anggelina 11 XI Mia siap ulangan

    ReplyDelete
  25. Julia maya nurul afifah(11) XI IIS 1 siap ulangan

    ReplyDelete
  26. M.Latifurrohman 12 XI IIS 2 Siap

    ReplyDelete
  27. Amirul Asnam 02 Xl IIS 2 siapp

    ReplyDelete
  28. Nurul Hidayah Sabila Rohmah 25 XI-MIA siap ulangan

    ReplyDelete
  29. Angela Amanda Widyarista 04 XI IIS 2

    ReplyDelete
  30. Kusuma Wijayanti 09 XI IIS 2

    ReplyDelete
  31. Linda apriliya sari 10 Xl iis 2 siap ulangan

    ReplyDelete

Disqus Shortname